Membaca
dan Melihat dalam Memanfaatkan Peluang Bisnis
Sehubungan dengan pertumbuhan perusahaan, maka
perusahaan perlu menganalisa peluang
pasar yang dapat dimanfaatkan. Analisa peluang pasar ini sangat penting, karena
perusahaan perlu mengetahui berapa besarnya peluang yang tersedia dalam
memasarkan produknya dan dapat menetapkan apakah pasar cukup besar untuk
mendukung produk lain dan masih memberikan laba.
Pengertian peluang pasar menurut Kotler (1997:72)
adalah sebagai berikut: Peluang pasar adalah suatu bidang kebutuhan pembeli
dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan.
Membaca peluang pasar merupakan hal yang esensial
yang wajib hukumnya bagi seorang entrepreneur. Membaca peluang pasar tidak
hanya dilakukan untuk bagi seorang entrepreneur yang ingin memulai usahanya,
namun membaca peluang pasar menurut pandangan saya sendiri adalah sebagai
pondasi saat kita bergelut di dunia bisnis. Karena kelihaian kita dalam membaca
peluang pasar tidak hanya dilakukan untuk memulai suatu usaha, namun keahlian
dalam membaca peluang usaha ini juga harus dimiliki kita kita ingin
mengembangkan usaha kita (dalam hal ini barang/jasa yang kita tawarkan kepada
konsumen) , melakukan segmentasi pasar, maupun pada saat melakukan perluasan
usaha (pembukaan cabang).
Sebenarnya cara membaca peluang pasar sangat mudah
apabila kita dapat memikirkan konsep usaha seperti apa yang akan kita jadikan
usaha. Sebelum anda memulai usaha, anda harus mempertimbangkan hal penting
dalam memulai usaha. Seperti :
1. Jenis
usaha.
2. Jenis
produk
3. Target
konsumen
4.
Lingkungan
5.
Legalitas
6. Beresiko
kecil
7. Modal
Contoh peluang usaha yang saya lihat disekitar
lingkungan rumah saya adalah seperti membuka usaha fotocopy dan warnet (warung
internet). Saya memilih usaha tersebut karena rumah saya berdekatan dengan
sekolah, nah disitu terdapat peluang untuk saya membuka usaha fotocopy dan
warnet. Karena sebagian besar siswa dan siswi yang bersekolah tersebut
membutuhkan hal tersebut. Untuk memfotocopy tugas sekolah dan untuk browsing
tugas sekolah di warnet, dengan itu saya membaca peluang usaha tersebut. Tidak
hanya ada peluang pasar, target konsumen dan lingkungan yang saya pikirkan, tapi modal, system
manajemen pun harus saya pikirkan. Agar apabila usaha ini gagal resiko yang
akan saya dapatkan itu kecil. Begitulah peluang pasar yang saya lihat ada di
lingkungan rumah saya.
Namun seringkali, kemampuan membaca peluang pasar
ini seringkali tidak pas sasaran, sehingga apa yang telah menjadi ekspektasi
pada saat kita memulai usaha seringkali tidak tercapai. Oleh karena itu saya
tertarik untuk membahas hal ini yang kemudian akan saya kembangkan ke dalam
sebuah artikel yang merupakan hasil dari pemikiran saya, berikut adalah
penjabarannya.
A. Melihat
Membaca peluang pasar saya analogikan seperti
seorang anak kecil yang mulai untuk mempelajari hal yang baru. Sebelum ia bisa
untuk belajar membaca, hal yang pertama kali ia lakukan adalah melihat. Dalam
konteks membaca peluang pasar, maksud dari melihat disini adalah kita melihat
apa yang menjadi masalah dari fenomena-fenomena yang ada di sekitar kita dan
siapa yang mengalami masalah tersebut, yang
kemudian kita cari celah agar kita dapat menembus peluang di dalam
celah-celah kecil tersebut.
Kejelian dalam hal melihat masalah dan membaca
peluang disini sangatlah diperlukan, karena semakin kita jeli melihat peluang
dan semakin tipis marjinal (selisih) dari besarnya masalah yang terjadi dengan
kemampuan kita untuk menutup / mengatasi masalah tersebut akan menentukan
kesuksesan dalam membaca peluang pasar.
B. Membaca
Setelah kita melihat dan mendengar mengenai masalah
yang terjadi, kemudian semuanya kita baca perlahan tentang apa yang telah kita
lihat dan dengar. Penting untuk diingat, kita membaca bukan untuk menghafal,
tetapi untuk memahami. Demikian juga yang terjadi pada tahap membaca berikut
ini, usaha kita tidak akan pernah sukses apabila kita terpatok pada teori.
Sebaliknya apabila kita memahami apa yang telah kita lihat dan dengar, hasilnya
akan lebih baik daripada kita menghafal.
Selain itu juga dalam tahap membaca ini, perlu
diingat bahwa jangan ada satupun poin yang terlewatkan untuk dibaca, dipahami,
dan dianalisis. Karena seberapa kecilpun poin yang telah dihasilkan, akan
memiliki peranan yang cukup dapat diperhitungkan dalam kesimpulan akhir yang
dibuat.
C. Memanfaatkan Peluang Pasar
"Peluang Adalah EMAS", istilah itu memang
bukan mengada-ngada, peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai
yang sayang jika harus dilewatkan. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha
sukses,maka jangan sekali-sekali mengabaikan peluang usaha yang ada yang
sebenarnya banyak disekitar kita. Namun sayangnya peluang itu sering kali kita
abaikan karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya,serta harus dimulai
dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja jika kita
melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Memang tidak lah mudah bagi seseorang untuk bisa
memanfaatkan peluang usaha dengan cara memanfaatkannya atau mempraktekannya
dalam dunia wirausaha yang sesungguhnya.Ini akan terasa berat karena selain
membutuhkan ketekunan, tenaga juga modal yang jumlahnya relatif.
Berikut
tips cara memanfaatkan peluang usaha :
1. Melakukan Riset Pasar
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana (market plan), mencakup target pasar produk,
target pendapatan perbulan, biaya operasional dll.
3. Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak
melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma-norma yang
berlaku dimasyarakat.
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran.
5. Jangan takut untuk memulai usaha
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar