Minggu, 10 Maret 2013

Clause (B.Inggris)


Clause
Clause (klause) dalam bahasa inggris adalah rangkaian kata yang bermakna, berpola S + V tapi tidak bisa berdiri sendiri. Adapun bentuknya ada dua: main clause (MC) (induk kalimat/S + V) dan sub clause (SC) (anak kalimat/Conj. + S + V)

1.      NOUN CLAUSE (NC)
Noun Clause adalah anak kalimat (sub clause) yang difungsikan sebagai kata benda (noun). Noun clause dalam kalimat bisa menempati posisi subjek atau objek. Dimana NC sering di identifikasi dengan ‘that’ atau question words (why, what, where, etc.) dan mengikuti beberapa kata kerja seperti: believe, say, understand, know, suggest.
Contoh:
·         I believe (that) Andy is sick.
·         We know what you want.
·         That the bandits were arrested became big news.

2.      ADJECTIVE CLAUSE (AC)
Adjective clause adalah anak kalimat (sub clause) yang difungsikan sebagai kata sifat (adjective) dalam kalimat. Dimana mempunyai fungsi untuk menerangkan kata benda  atau kata ganti (modify noun or pronoun) dalam noun phrase. Dan biasanya diawali dengan that, who, where, when atau whose.

Contoh:
·         Someone who calls you is my father.
·         The horse which you buy is very big.

3.      ADVERBIAL CLAUSE (AVC)

AVC adalah anak anak kalimat (sub clause) yang berfungsi sebagai kata keteranga (adverb) dalam kalimat. Adapun posisinya adalah initial (awal kalimat), middle (tengah kalimat/jarang), dan final (akhir kalimat). Contoh:

·         When Febby was a child, she often took a bath in the river. (Initial)
·         Febby, when she was a child, often took a bath in the river. (Middle)
·         Febby often took a bath in the river when she was a child. (Final)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar